Mem-Paste Special Value di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah bagian dari MS Office yang merupakan salah satu program spreadsheet canggih yang bekerja di bawah sistem operasi Windows. Dengan menggunakan Microsoft Excel banyak kemudahan yang dapat diperoleh seperti bekerja dengan data, menghitung angka-angka, membuat laporan, diagram, grafik, dan sebagainya. Namun adakalanya pada saat kita bekerja dengan Microsoft Excel, kita menemui kendala pada saat kita akan melakukan pengambilan angka (copy-paste) yang merupakan hasil dari sebuah formula (penghitungan).

Pada kesempatan ini akan sedikit dipaparkan tentang cara meng-copy dan kemudian mem-paste formula untuk diambil nilainya (value). Bagi sebagian besar orang hal ini bisa jadi merupakan hal yang sudah basi, namun bagi sebagian kecil orang yang belum mengetahui diharapkan bisa membantu…..yaaa hitung-hitung sebagai media diri belajar menulis dan mengingat kembali caranya….. :-) :-)
Begini nih caranya :
Sengaja contoh ini dibuat sederhana hanya untuk memudahkan bagi saya menjelaskan, maklum baru belajar :-)  :-)

- Sekarang kita mempunyai worksheet yang berisi jumlah penduduk seperti gambar di bawah. Apabila kita lihat ada lingkaran merupakan hasil penjumlahan dengan menggunakan rumus (formula).


- Kemudian di lain waktu kita mengerjakan tugas lain yang membutuhkan jumlah penduduk dan harus diambil (dicopy) dari file data seperti diatas. Bagi yang belum mengetahui pastinya akan langsung meng-copy dan langsung mem-paste pada sheet baru. Apabila itu yang dilakukan maka bisa dipastikan hasilnya akan menjadi seperti ini.


Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan langkah-langkah berikut :
- Setelah meng-copy dari file jumlah penduduk, kemudian pada Tab Home klik tanda panah kecil di bawah icon Paste dan pilih Paste Values.

maka hasilnya akan menjadi .........

- Shortcut Keyboard untuk paste special value bisa digunakan : Alt + E + S + V

- Dengan menggunakan cara yang sama apabila kita ingin menggunakan Paste Special Formula.

- Demikian ilmu sederhana yang bisa saya share…..