Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012

Perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan sangatlah berat dan pengorbanan untuk bisa terbebas dari belenggu penjajahan sudah tidak terhitung lagi baik harta bahkan nyawa. Semua itu adalah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa yang akan selalu tertulis dengan tinta emas dalam lembaran sejarah Bangsa Indonesia.

Salah satu peristiwa yang menuntut pengorbanan dari rakyat dan para pejuang Indonesia adalah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang telah menimbulkan korban jiwa yang sangat besar. Meskipun dalam pertempuran itu para pejuang hanya menggunakan senjata ala kadarnya seperti bambu runcing, namun semangat bertempur mereka demikian hebatnya sehingga mampu mengusir penjajah yang memiliki persenjataan lebih lengkap 


Perjuangan yang telah dilakukan para pejuang kusuma bangsa hendaknya tetap dikenang sepanjang masa, dan sebagai wujud penghargaan/penghormatan atas jasa-jasa yang telah diberikan, kita peringati 10 November sebagai hari pahlawan... karena “….hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar...”. 

Pada tahun 2012 ini, Peringatan Hari 10 November diperingati secara nasional dengan mengambil tema,

”Semangat Kepahlawanan Untuk Indonesia Sejahtera”.

Berikut Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012