Seleksi Gelombang II Program Beasiswa Bappenas 2012

Badan Perencanaan Nasional (BAPPENAS) Republik Indonesia sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perencana dan sebagai Instansi Penyelenggara Diklat Perencanaan Pembangunan kembali memberi kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Unit Perencanaan di Departemen/LPNK, Bappeda atau nama lain, dan unit perencanaan di Dinas Teknis pada Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota, untuk memperoleh Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas (Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana) 2012 untuk mengikuti diklat gelar baik di dalam maupun di luar negeri. Informasinya di sini.


PILIHAN PROGRAM STUDI
  1. Program S2 Dalam Negeri
  2. Program S2 Linkage
  3. Program S2 International, UNSYIAH
  4. Program S3 Dalam Negeri

PROSEDUR PELAMARAN
  1. Mereka yang berhak melamar program beasiswa Pusbindiklatren adalah mereka yang belum pernah mengambil/memiliki gelar S2 untuk yang melamar beasiswa S2, serta belum pernah mengambil/memiliki gelar S3 untuk yang melamar beasiswa S3, dengan mengisi formulir pendaftaran dan diusulkan secara resmi oleh instansi asalnya melalui pejabat pengelola kepegawaian atau atasan langsung (minimal eselon II). Surat usulan yang dimaksud harus menyebutkan nama-nama pegawai yang diusulkan oleh instansi, dan program/topik beasiswa yang diminati;
  2. Pelamar yang diprioritaskan adalah para: (a) pejabat fungsional perencana; (b) perencana di instansi perencanaan atau yang bekerja di unit kerja yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang perencanaan; dan (c) PNS lain yang direncanakan bekerja diinstansi atau unit perencanaan;
  3. Untuk mendapatkan formulirdapat didownload pada situs : http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id.
  4. Pusbindiklatren hanya akan menindaklanjuti formulir pendaftaran yang bermaterai dan bertandatangan asli dengan persetujuan dari atasan langsung (minimal eselon II). Untuk yang menyampaikan melalui faksimile, tidak akan diproses usulan tersebut.
  5. Formulir pendaftaran harus dilengkapi dengan dokumen pendukung yaitu:
          (a). Ijazah dan transkrip S1/S2 yang telah dilegalisir;
          (b). Foto kopi SK Pengangkatan PNS 100% pada golongan III/a, atau SK pengangkatan terakhir,   
                yang telah dilegalisir;
          (c). Khusus bagi para pejabat fungsional perencana harus melampirkan SK jabatan terakhir yang 
                dilegalisir;
          (d). Pernyataan Rencana Studi (dalam bentuk esai).
     6. Peserta yang memenuhi syarat administrasi (MS), lulus TPA dan TOEFL akan diproses 
         penempatannya selama 2 tahun (selama nilai TPA dan TOEFL-nya masih berlaku), asal diusulkan 
         kembali oleh atasan langsung (minimal Pejabat Eselon II), kecuali ada surat pembatalan pencalonan 
         dari instansi asalnya (minimal Pejabat Eselon II).

Formulir serta dokumen pendukungnya dapat disampaikan langsung kepada Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Pereneana (Pusbindiklatren) Bappenas, Jl. Taman Suropati No.2, Jakarta 10310, lantai 2 Gedung 2A; dan ke alamat: Jl. Sunda Kelapa No.9, Jakarta 10310 atau dapat dikirimkan melalui pos ke alamat: Jl. Proklamasi No. 70, Jakarta 10320.