Ikatlah Ilmu dengan menulisnya


Mungkin benar adanya bahwa, "semakin kita belajar dan tahu suatu ilmu, maka semakin kita menyadari bahwa masih banyak yang belum kita ketahui". Betapa sedikitnya ilmu kita, kemampuan kita dan pemahaman kita bila dibandingkan dengan segala sesuatu yang telah terhampar maha akbar di dunia ini, sebagai karya maha luar biasa Allah Subhanahu Wata'ala.
Begitu juga dalam dunia maya (internet) seperti sekarang ini dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) yang melesat dengan begitu pesatnya. Maka tidak ada alasan lain dan tidak ada pilihan lain kecuali kita harus mau mempelajari dan mengikuti perkembangan yang ada, sehingga kita termasuk orang-orang jaman now...
Itulah yang kemudian mendasari aktivitas saya di Blog ini. Apa yang saya tuliskan hanyalah upaya saya untuk belajar, mengingat, memahami dan mengikat ilmu kuat-kuat dalam memori otak saya yang tidak begitu cerdas ini 😁😃 karena Rasulullah pernah bersabda:


Menuliskan apa kita pelajari merupakan cara paling kuat untuk mengikat ilmu tersebut, karena daya ingat kita sebagai manusia lemah dan terbatas. Apalagi terkait dengan ilmu-ilmu yang bisa dikatakan baru, yang sebelumnya tidak pernah kita pelajari di bangku kuliah/sekolah. 
Dengan sarana menulis yang sangat banyak, salah satunya dengan Blog ini, maka apa yang saya tuliskan dalam blog ini tentunya bersumber dari apa yang saya ketahui dan apa yang telah saya praktekkan. Sekali lagi, postingan-postingan di blog saya ini bukan bermaksud mengajari, tapi semata-mata hanyalah upaya saya untuk mengikat ilmu yang telah saya pelajari, dengan maksud supaya suatu saat apabila saya lupa masih bisa dibuka kembali dan berbagi siapa tahu bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.