Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 84 Tahun 2012

Dalam sejarah bangsa kita bahwa pemuda memiliki posisi dan peran penting. Berbagai peristiwa penting baik sebelum maupun setelah kemerdekaan Republik Indonesia, menempatkan pemuda sebagai tokoh utama. Pemuda Indonesia, merupakan agen perubahan, yang telah membentuk wajah Indonesia sebagai sebuah negara-bangsa merdeka seperti yang kita saksikan sekarang ini.


Dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang penting dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa. Sumpah Pemuda yang lahir dari Kongres Pemuda ke-II merupakan salah satu bagian dari proses konsolidasi kebangsaan menuju cita-cita Indonesia merdeka. Sumpah Pemuda telah berhasil menyatukan gerak langkah seluruh bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme yang telah menjajah selama lebih dari tiga setengah abad. Sumpah Pemuda telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi bangsa ini untuk memperjuangkan nasib dan eksistensinya sebagai bangsa yang merdeka, bersatu dan berdaulat. Sumpah Pemuda telah memberikan inspirasi terhadap seluruh anak bangsa untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Pada Tahun 2012 ini peringatan Hari Sumpah Pemuda yang menginjak usia 84 tahun dilakukan secara nasional dengan mengambil tema:

DENGAN SUMPAH PEMUDA, KITA MANTAPKAN KEMANDIRIAN, KREATIVITAS DAN IDENTITAS KEBANGSAAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015

Dan sub tema:
  • BERSAMA PEMUDA YANG MANDIRI DAN KREATIF, KITA TEGUHKAN KOMUNITAS ASEAN 2015
  • KITA BANGUN IDENTITAS KEBANGSAAN DALAM SEMANGAT KOMUNITAS ASEAN 2015
  • KITA MANTAPKAN KEMBALI KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PEMUDA INDONESIA
Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia telah meluncurkan Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 84 Tahun 2012.