KKP Buka Akses 6.000 Lowongan Kerja Luar Negeri dalam kegiatan International Job Fair on Marine and Fisheries 2012

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan khususnya dalam bidang Kelautan dan Perikanan, ini ada kesempatan untuk bekerja di dalam maupun luar negeri yang ditawarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui kegiatan "International Job Fair on Marine and Fisheries 2012" di Jakarta.

"Jumlah lowongan kerja yang ditawarkan mencapai 6.000 lapangan kerja dengan penempatan di Amerika, Jepang, Korea," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo saat pembukaan "International Job Fair on Marine and Fisheries 2012" di Jakarta, Selasa (4/9).

Menurut Sharif, bursa tenaga kerja kelautan dan perikanan internasional itu selain memberikan kesempatan bekerja di dalam dan luar negeri, juga bertujuan memfasilitasi perluasan kesempatan bekerja bagi para lulusan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi kelautan dan perikanan.

Bursa kerja tersebut diselenggarakan pada 4-6 September dan merupakan hasil kerja sama antara KKP dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta.

Selain itu, juga telah ditandatangani kesepakatan bersama tiga kementeria yaitu KKP, Kemenakertrans, dan Kementerian Pendidikan Nasional tentang penyediaan pelayanan bersama informasi ketenagakerjaan kelautan dan perikanan.

"Saya harapkan sinergi ini dapat dilanjutkan serta diperluas lagi sasarannya secara efektif, efisien dan tetap fokus pada pelaksanaannya," tuturnya.

Terkait dengan masih tidak terserapnya angkatan kerja di sektor kelautan dan perikanan, Sharif mengatakan bahwa hal itu antara lain karena tidak sebanding tingginya pertumbuhan angkatan kerja dengan pertumbuhan kesempatan kerja.

Penyebab lainnya, menurut dia, adalah minimnya tingkat keterampilan para pencari kerja serta tidak adanya kesesuaian antara jenis pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja, serta ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan.

"Masih besarnya jumlah pengangguran merupakan salah satu permasalahan serius yang menyimpan potensi negatif, sehingga dapat menghambat pembangunan khususnya dalam mendukung pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan.

Lowongan kerja yang tersedia bervariasi seperti penangkapan ikan (awak kapal perikanan), permesinan perikanan, budi daya perikanan (pengelola tambak dan hatchery, serta laboratorium), pengolahan dan pemasaran produk hasil perikanan (petugas kontrol mutu, pengolah ikan, pemasaran).

Selain bursa tenaga kerja, para peserta juga dibekali dengan seminar pengembangan karir, presentasi profil perusahaan, konsultasi pekerjaan dan wirausaha, "talk show", bimbingan konseling. 

Para pelamar dapat datang langsung ke lokasi di Gedung SME Tower, Jakarta, dengan membawa berkas lamaran, CV, dan pasfoto atau bisa pula mendaftar "online" (daring) melalui "website" (laman) www.jobskelautanperikanan.com.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya, baik bagi pelamar kerja maupun perusahaan yang menyediakan lowongan kerja. (Ant)