Nasehat Bijak

Berikut beberapa nasehat bijak yang dapat kita jadikan sebagai renungan untuk menuju ke arah yang lebih baik....

Jangan pernah merasa dirimu pintar di atas yang lain, karena ilmu yang kamu punya sejatinya hanyalah secuil dari luasnya ilmu yang ALLAH miliki. Satu yang pasti bahwa kamu hanya akan tahu dan paham pada satu ilmu atau beberapa ilmu namun tidak pada semua ilmu.

Jangan pernah merasa pintar sendiri. Meski kamu tahu dan memahami sesuatu sempatkanlah meminta saran dan pendapat orang lain sehingga kamu dapat melihat masalah secara luas dan menyeluruh dari berbagai sudut pandang. 

Janganlah pernah merasa bangga dengan gelar ataupun dengan tingginya pendidikanmu, karena bisa jadi ketika kamu membangga-banggakan itu maka kamu akan dihinakan dengan gelarmu itu. 

Jangan suka menyalahkan orang lain, karena sejatinya kamu tidak lebih baik dari mereka. Bisa jadi mereka memahami sesuatu yang kamu tidak tahu. 

Jangan jadikan dirimu orang yang sombong dengan tidak mau mendengar perkataan orang lain dan hanya ingin didengar, karena sejatinya ALLAH SWT memberi satu mulut dan dua telinga adalah untuk banyak-banyak mendengar. 

Jangan jadikan dirimu orang yang beku hatinya, tumpul perasaannya dengan tidak memahami dan menghargai orang lain. Empati dan simpati itu perlu sebagai wujud kasih sayang diantaramu. 

Jangan pernah menganggap orang yang melakukan kesalahan itu bodoh atau kurang pemikiran, karena sejatinya ia adalah orang cerdas yang akan belajar banyak dari kesalahan yang telah diperbuatnya.